Selamat Datang Di Aqiqahdimedan.blogspot.com

Jumat, 12 Januari 2018

Sunnah Aqiqah

Kesunahan-Kesunahan








Ada beberapa hal-hal terkait Akikah yang perlu untuk diperhatikan, di antaranya adalah:
  1. Hendaknya orang yang melakukan Akikah, memasaknya dan memakan daging Akikah tidak memecah tulang dari hewan Akikah tersebut. Diusahakan sebisa mungkin untuk memotong tulang dari setiap persendiannya. Ini sebagai bentuk Tafaul (simbol harapan) agar anggota tubuh anak selamat. Kalau pun dipecah tulang akikah, hukumnya tidak makruh sebab tidak ada larangan khusus untuk itu, hanya saja itu khilaful aula (menyelisihi perbuatan yang lebih utama).
  2. Sunah untuk membagikan daging Akikah dalam keadaan telah dimasak dengan bahan yang manis walau pun itu adalah Akikah yang dinadzarkan, dengan harapan agar anak tersebut menjadi manis pula akhlaknya. Namun jika daging itu dibumbui dengan bumbu lain yang tidak manis pun tidak makruh hukumnya.
  3. Yang lebih baik hendaknya daging bersama kuahnya (jika ada) diantarkan kepada fakir miskin. Itu lebih utama daripada mengundang mereka untuk memakan daging akikah. Kalau pun ia mengundang mereka untuk makan, maka hukumnya boleh.
  4. Disunahkan agar kaki dari kambing Akikah Sunah sampai pangkal paha tidak dimasak, tetapi diberikan kepada bidan (yang membantu proses kelahiran) dalam keadaan mentah. Yang lebih utama hendaknya kaki yang diberikan adalah kaki kanan. Hal ini dilakukan oleh Sayidah Fatimah ra berdasarkan perintah Rasulllah SAW sebagaimana diriwayatkan oleh al Hakim yang mengatakan bahwa sanad haditsnya adalah shahih.
  5. Makruh melumuri kepala bayi dengan darah hewan akikah, itu adalah perbuatan kaum jahilihah.
  6. Disunahkan melumuri kepala bayi dengan Zakfaron atau Khaluq (sejenis parfum) sebagaimana dishahihkan dalam Kitab Majmu.
  7. Yang utama hendaknya Akikah dilakukan pada hari ke tujuh. Setelah selesai Akikah disunahkan memotong rambut bayi dan bersedekah emas seberat rambut itu, jika tidak mampu maka tidak apa jika ia bersedekah perak seberat rambut tersebut.
082234567469 , nomer pesan aqiqah Jember , Ketahui tentang hikmah aqiqah 0 Reads 0 Votes 1 Part Story Muslimarbiansyah By Muslimarbiansyah Ongoing - Updated 8 minutes ago Read Banyak sekali manfaat yang akan didapat dengan beraqiqah, di antaranya : Membebaskan anak dari ketergadaian Pembelaan orang tua di hari kemudian Menghindarkan anak dari musibah dan kehancuran, sebagaimana pengorbanan Nabi Ismail AS dan Ibrahim AS Pembayaran hutang orang tua kepada anaknya Pengungkapan rasa gembira demi tegaknya Islam dan keluarnya keturunan yang di kemudian hari akan memperbanyak umat Nabi Muhammad SAW Memperkuat tali silahturahmi di antara anggota masyarakat dalam menyambut kedatangan anak yang baru lahir Sumber jaminan sosial dan menghapus kemiskinan di masyarakat Melepaskan bayi dari godaan setan dalam urusan dunia dan akhirat. (Menurut Drs. Zaki Akhmad dalam bukunya "Kiat Membina Anak Sholeh") Hikmah aqiqah: 1. Menghidupkan sunnah Nabi Muhammad Shallallahu alahi wa sallam 2. Dalam aqiqah ini mengandung unsur perlindungan dari syaitan yang dapat mengganggu anak yang terlahir itu, dan ini sesuai dengan makna hadits, yang artinya: "Setiap anak itu tergadai dengan aqiqahnya." 3. Merupakan bentuk taqarrub (pendekatan diri) kepada Allah Subhanahu wa Ta'ala sekaligus sebagai wujud rasa syukur atas karunia yang dianugerahkan Allah Subhanahu wa Ta'ala dengan lahirnya sang anak. 4.Merupakan bentuk taqarrub (pendekatan diri) kepada Allah Subhanahu wa Ta'ala sekaligus sebagai wujud rasa syukur atas karunia yang dianugerahkan Allah Subhanahu wa Ta'ala dengan lahirnya sang anak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar